KURIKULUM DAN PROSES PEMBELAJARAN

KURIKULUM

Kurikulum Program Magister Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat (MIP3M) dirancang secara sistematis untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi teoritis, metodologis, dan praktis dalam memimpin perubahan sosial. Setiap semester dirancang sebagai tahapan pembelajaran yang berlapis—dimulai dari pemahaman konseptual yang kuat, hingga keterampilan lapangan dan riset yang aplikatif.

Dengan pendekatan interdisipliner dan berbasis riset, kurikulum ini menjembatani ilmu sosial, komunikasi pembangunan, kebijakan publik, hingga pengelolaan komunitas. Mahasiswa tidak hanya dilatih untuk berpikir kritis dan sistemis, tetapi juga untuk bertindak solutif dan beretika di tengah kompleksitas dinamika sosial.

Struktur Pembelajaran:

  • Semester 1: Fondasi Teori dan Metodologi
    Mahasiswa membangun landasan ilmiah melalui mata kuliah seperti Filsafat Ilmu, Pembangunan Berkelanjutan, Metode Penelitian, dan Teori Komunikasi. Ini adalah tahap untuk mengasah kerangka berpikir kritis dan reflektif terhadap tantangan pembangunan.
  • Semester 2: Aplikasi dan Keterampilan Profesional
    Didesain untuk membentuk kemampuan praktis, seperti Perencanaan Program, Pemetaan Sosial, Desain Inovasi Sosial, dan Advokasi. Mahasiswa mulai memadukan teori dengan konteks nyata.
  • Semester 3: Integrasi dan Pemantapan Kepemimpinan Sosial
    Fokus pada Manajemen Perubahan, Resolusi Konflik, serta pilihan mata kuliah strategis seperti Transformasi Digital atau Pemasaran Sosial. Di sini, mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi pemimpin yang adaptif dan visioner.
  • Semester 4: Riset dan Kontribusi Ilmiah
    Mahasiswa menyelesaikan tugas akhir berupa Tesis yang berbasis riset lapangan. Ini menjadi bukti kontribusi akademik sekaligus praktik dari pemahaman yang telah dibangun selama studi.
Semester 1: Fondasi Teori dan Metodologi
NoMata KuliahSKS
WAJIB
1Filsafat Ilmu2
2Pembangunan Berkelanjutan2
3Metode Penelitian2
4Statistik Sosial3
5Teori Komunikasi dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat3
6Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat4
PILIHAN (Salah satu)
6Komunikasi Lintas Budaya3
7Manusia dan Lingkungan3
Jumlah SKS19
Semester 2: Aplikasi dan Keterampilan Profesional
NoMata KuliahSKS
WAJIB
1Perencanaan dan Evaluasi Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat3
2Pemetaan dan Analisis Sosial3
3Kelembagaan Sosial dan Ekonomi3
4Desain dan Inovasi Sosial3
5Kebijakan Publik dan Advokasi Sosial3
 PILIHAN (Salah satu)
5Gender dan Pembangunan3
6Gizi dan Masyarakat3
7Manajemen Pelatihan3
Jumlah SKS18
Semester 3: Integrasi dan Penelitian
NoMata KuliahSKS
WAJIB
1Kelompok, Organisasi, dan Kepemimpinan3
2Manajemen Perubahan dan Resolusi Konflik3
PILIHAN (Salah satu)
3Pemasaran Sosial3
4Transformasi Digital dalam Pemberdayaan3
Jumlah SKS9
Semester 4: Riset dan Penyelesaian Studi
NoMata KuliahSKS
WAJIB
1Seminar Usul Penelitian2
2Seminar Hasil Penelitian2
3Tesis6
Jumlah SKS10
TOTAL SKS56

PROSES PEMBELAJARAN

Ingin belajar dengan cara yang lebih dari sekadar teori?

Proses Pembelajaran di Mip3m: Menyatukan Ilmu, Aksi, dan Transformasi Sosial

Di Program Studi MIP3M, pembelajaran dirancang berbasis riset, kolaboratif, dan kontekstual, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan pembangunan di dunia nyata.

Apa yang Membuat Proses Belajar Di MIP3M Berbeda?

Pendekatan Interdisipliner
Mahasiswa mengkaji isu-isu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dari perspektif sosiologi, komunikasi pembangunan, kebijakan publik, hingga inovasi sosial.

Kurikulum Berlapis & Terstruktur
Dibagi dalam 4 semester, proses belajar dimulai dari fondasi teori dan metodologi, lalu dilanjutkan dengan praktik langsungmanajemen perubahan, dan ditutup dengan penelitian berbasis lapangan (tesis).

Belajar Bersama, Bukan Sekadar Dari
Kegiatan kuliah dirancang partisipatif: diskusi kasus nyata, proyek kelompok, dan simulasi fasilitasi komunitas, agar mahasiswa tidak hanya paham, tapi juga terampil.

Langsung ke Lapangan
Mahasiswa diajak terlibat dalam pemetaan sosial, perencanaan program, dan evaluasi pembangunan di komunitas—belajar langsung dari dinamika sosial masyarakat.

Berbasis Penelitian Aplikatif
Setiap mahasiswa didorong untuk menghasilkan riset yang berdampak, menjawab isu sosial yang relevan, dan dapat digunakan oleh komunitas maupun pembuat kebijakan.

Kelas yang Membangun Kapasitas Kepemimpinan
Mata kuliah seperti Manajemen PerubahanResolusi Konflik, dan Transformasi Digital mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin sosial yang adaptif dan visioner.

BELAJAR DI MIP3M BUKAN SEKADAR MENGEJAR GELAR—TAPI MEMBENTUK ANDA MENJADI PENGGERAK PERUBAHAN.

Terbuka bagi siapa saja yang punya semangat untuk memperkuat masyarakat dan membangun masa depan yang lebih adil.